Tidak Perluh Banyak Komputer Untuk Belajar Komputer


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat sore penyimak kom.nscpolteksby.ac.id kali ini saya Kurnivan akan share sesuatu lagi disini, memang tak seberapa penting untuk sebagian orang namun insya’allah untuk sebagian orang yang lain tulisan ini juga ada manfaatnya, Amin.
Hal ini sangat memudahkan saya ketika selama melaksanakan perkuliahan yang memang membutuhkan banyak sumberdaya ketika melaksanakan praktek untuk sekedar bereksperimen atau memang ada tugas yang harus saya kerjakan, dalam melakukan kegiatan tersebut tak jarang kami membutuhkan lebih dari satu Komputer missal saja ketika praktek mengenai setting jaringan, tidak memungkinkan sekali untuk melakukan setting tersebut dengan menggunakan satu komputer. Contoh lain ketika kami membutuhkan computer lain dengan spesifikasi Sistem Operasi yang berbeda (Linux, XP, WIN7) pada satu waktu, pasti akan sangat merepotkan dan memakan banyak biaya hanya untuk melakukan sebuah eksperimen.
Meskipun Politeknik NSC Surabaya memberikan fasilitas yang memadai untuk melakukan eksperimen di kampus, tapi bagaimana apabila ide untuk melakukan eksperimen itu muncul ketika kami ada dirumah dan waktu tidak memungkinkan kami untuk berangkat ke kampus saat itu juga, maka “VMWare Player” sungguh memberikan solusi.
Nah tuh lah, makanan apaan itu yah, Tuh bukan jenis benda atau barang yang bias dimakan, Virtual Machine adalah sebuah software sistem yang lengkap dan dapat menjalankan sebuah sistem operasi yang lengkap pula. Virtual Machine didesain untuk menjalankan sebuah program komputer tertentu, yang berarti mesin virtual ini mendukung proses tertentu juga. Namun dalam prossesnya memang tak seperti machine yang asli, ada batasan-batasan dasar yang tidak memungkinkan software ini melakukan pekerjaan ekstrime seperti bermain game HD, biasa-bisa meledak tuh computer, heheh bercanda. Apabila virtual machine tersebut dipakasa untuk melakukan pekerjaan yang berat maka computer utama akan terasa sangat lambat amat sekali banget, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai VM(Virtual Machine) atau mesin Virtual silahkan kunjungi www.id.wikipedia.org
Bagi yang belum pernah menggunakan Virtual Machin, saya sarankan menggunakan VMWare Player 3.1.2, kenapa saya menggunakan ini padahal ada yang sudah terupdate sampai versi yang ke-8, karena menurut saya versi yang satu ini sangat ringan dan mudah digunakan. Software ini dikenalkan pertama kali kepada saya oleh irfan dan arifin salah satu siswa di SMK SIANG, makasih ya gan atas sarannya, hehehehe.
Oke saya rasa penjelasan diatas sudah cukup panjang, jadi langsung saja ikuti sharing saya yang berikut ini, cekidot :
  1. Download dulu VMWare yang sudah saya sarankan tadi VMWare 3.1.2 Build 301548 
  2. Ekstrak file yang sudah di unduh barusan, setelah diekstrak pilih file .EXE kemudian Click 2kalih untuk menginstall. Pilih Next untuk melanjutkan installasi.

  3. Hilangkan centang pada gambar yang telah saya tandai supaya software tidak mengupdate versi terbaru secara otomatis, karena saya sarankan tetap menggunakan versi ini karena lebih ringan dan stabil.

  4. Karena kita hanya ingin menggunakan dan tidak ingin menjadi pengembang software maka hilangkan centang seperti tampak pada gambar dibawah ini.

  5. Tunggu beberapa menit dan tereng……, installasi telah selesai dilakukan. Karena ini merupakan software yang besar dan cukup berpengaruh pada perubahan hardware (Meskipun secara virtual) jadi saya sarankan untuk menyalakan ulang computer anda dengan memilih tombol Restart Now!

  6. Setelah computer nyalah kembali silahkan jalankan VMWare-nya. Untuk pertama kali dijalankan akan muncul persetujuan lisensi, silahkan anda pilih sesuai pada gambar untuk menyetujui persyaratan yang telah dibuat oleh VMWare.

  7. Sekarang anda dapat membuat Virtual computer anda sendiri sesuka hati, untuk memulai membuat mesin baru silahkan pilih Create New Virtual Machine.

  8. Kemudian pilih Disk intaller yang akan digunakan sebagai Sistem Operasi Pada mesin Virtual. Apabila anda menggunakan disk pilih option no.1, namun apabila anda menggunakan file *iso silahkan pilih Option sesuai Gambar dibawah ini kemudian click Browse…

  9. Beri Nama dan Password pada virtual Komputer Baru anda, disini saya menggunakan nama saya.

  10. Beri Nama VM yang anda buat, disini saya menggunakan nama Operating System yang saya installkan.

  11. Beri Ukuran hardisk yang mau digunakan.

  12. Cek Ulang kondisi virtual mesin yang sudah di setup tadi.

  13. Untuk menjalankan virtual mesin, kita pasti akan disarankan untuk meng-update versi terbaru software, tapi abaikan saja dengan memilih Remind Me Later

  14. Tara Virtual Machin sudah dapat digunakan

Sekian tulisan dari saya, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kritik dan sarannya saya tunggu disini. terimakasih
Wasalamualaikum Wr.Wb

1 Komentar

Filed under Tips and Trick

1 responses to “Tidak Perluh Banyak Komputer Untuk Belajar Komputer

Tinggalkan komentar